Cara Membuat SIM Online: Kenali Dulu Syaratnya


Cara membuat SIM online sangat mudah, bisa dilakukan dimana saja, tidak perlu mengantri, serta bisa bebas pilih waktu dan tempat tes sendiri. Anda dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website resmi POLRI atau melalui aplikasi resmi POLRI.

Menurut laman Korlantas Polri, http://sim.korlantas.polri.go.id,cara membuata SIM online ini  sudah termasuk ujian teori melalui aplikasi Sinar, ujian psikologis menggunakan aplikasi E-PPsi, serta layanan kesehatan menggunakan aplikasi E-Rikkes. Meski demikian, para pemohon harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan tes praktik.

Cara membuat SIM Online dapat dimulai dengan membuka salah satu media pendaftaran tersebut. Kemudian ikutilah alur pendaftarannya dengan mengisi data diri Anda dengan lengkap, serta lakukan pembayaran regrestasi melalui linkaja.id. setelah itu Anda tinggal datang ke satpas untuk melakukan ujian.

Mudah sekali bukan ? Akan tetapi sebelum itu, kenali dahulu syarat pembuatan SIM online. Pastikan bahwa Anda sudah memenuhi syarat untuk mendaftar.

Syarat Pembuatan SIM Online

Persyaratan ini sebenarnya sama saja, layaknya Anda datang langsung ke kantor kepolisian. Syarat teersebut yakni: 

  1. Minimal usia 17 tahun untuk pembuatan SIM online A, C, dan D. dan minimal usia 22 tahun untuk SIM A Umum, SIM BI, dan B2.
  2. Anda harus mengisi formulir pendaftaran atau registrasi dari pihak kepolisian.
  3. Gunakan KTP asli yang masih berlaku.
  4. Bagi WNA memerlukan data keimigrasian.
  5. Anda juga harus memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani.
  6. Indra penglihatan, pendengaran, dan fisik Anda harus mumpuni untuk mengendarai kendaraan.
  7. Anda harus memiliki kemampuan konsentrasi yang baik.
  8. Anda juga harus cermat saat mengendarai kendaraan.
  9. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri dalam kondisi apapun saat berkendara. 
  10. Pembuatan SIM online tetap diwajibkan mengikuti ujian teori dan ujian praktek.

Demikianlah syarat – syarat yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pendaftaran pembuatan SIM. Bila Anda sudah memenuhi segala syarat tersebut, segeralah melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya regrestasi melalui linkaja.id.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat SIM Online: Kenali Dulu Syaratnya"